Begini Caranya Agar Cuti Lebaran Tetap Aman dan Menyenangkan!

Nikmati cuti libur lebaran bagi karyawan dengan tenang dan nyaman, lakukan persiapan simple sebelum meninggalkan pekerjaan

Image Kegamangan Pemerintah Hadapi Cuti Lebaran 2018

Caranya Agar Cuti Lebaran Tetap Aman dan Menyenangkan – Setelah menjalankan kewajiban di bulan Ramadhan, karyawan ataupun pemilik perusahaan akan memperoleh cuti lebaran yang cukup lama. Libur lebaran ini diatur oleh pemerintah setiap tahunnya dalam cuti bersama. Nah, hal ini mungkin waktu yang paling ditunggu para staf karyawan yang ingin segera menikmati waktu liburan cukup panjang. Perlu diketahui, penting bagi setiap karyawan untuk mendapatkan waktu cuti dengan baik. Selain itu, sebelum meninggalkan kantor sebaiknya perlu dilakukan persiapan agar terhindar dari rasa tidak aman atau nyaman saat sudah cuti bersama.

Persiapan sebelum cuti lebaran ini sangat membantu karyawan agar dapat menikmati waktu liburnya dengan maksimal dan tidak melalaikan tugas pekerjaan sebelum cuti. Langsung saja simak ulasan berikut ini ya!

Caranya Agar Cuti Lebaran Tetap Aman dan Menyenangkan

  1. Utamakan mengerjakan tugas yang perlu diselesaikan sebelum cuti

Pertama yang harus Kamu lakukan adalah mengerjakan pekerjaan yang harus diselesaikan sebelum memasuki waktu liburan. Setiap pekerjaan yang mendesak sebaiknya dikerjakan dahulu. Lalu, pekerjaan yang bisa dikerjakan setelah lebaran tetap Kamu catat agar tidak kebingungan saat usai kembali dari libur. Bijaklah dalam mengatur tugas pekerjaanmu, ya. Dengan begitu kewajiban sebagai karyawan tetap terlaksana dan waktu cuti tidak terselingi pekerjaan mendadak sewaktu-waktu.

  1. Merapikan tempat kerja

Kenapa harus melakukan hal ini? Merapikan tempat Kamu bekerja adalah penting sebelum meninggalkan kantor untuk libur panjang. Setiap karyawan sebaiknya memastikan tidak ada dokumen atau barang perusahaan yang tergeletak sembarangan. Simpanlah di tempat yang aman. Bila file perusahaan bersifat digital sebaiknya memastikan kembali back-up soft file untuk lebih amannya. Jangan lupa matikan seluruh alat elektronik yang ada di kantor untuk mengindari gangguan arus pendek listrik. Fungsi lain dari merapikan meja kerja adalah saat kembali dari libur cuti, suasana kantor selalu dalam keadaan rapi.

  1. Memberitahukan kepada klien tentang waktu libur perusahaan

Ada kalanya perusahaan klien tidak melakukan cuti libur lebaran atau memiliki tanggal libur yang berbeda. Nah, untuk itu perlu memberitahukan klien yang bekerja sama dengan perusahaan jika tempat kerjamu sedang libur dalam rentang waktu tertentu. Klien akan mengetahui informasi ini dan bisa mengatur kembali jadwal yang berubah terkait kerjasama antar perusahaan. Ketika masih dalam bulan Ramadhan biasanya pemberitahuan dapat dilakukan ke beberapa klien agar tidak terkesan mendadak. Jadi, tidak ada yang dirugikan karena adanya cuti bersama ini.

  1. Buatlah rencana pekerjaan

Persiapan terakhir adalah buatlah sebuah rencana tugas apa saja yang wajib dilakukan ketika kembali masuk kerja setelah libur. Pekerjaan yang diisikan dalam rencana ini bisa dimulai dari tugas yang tidak sempat terselesaikan sebelum cuti bersama dan tugas yang wajib dikerjakan setelahnya. Nah, karena rencana sudah dibuat, saat kembali ke kantor Kamu tetap bisa melacak kemajuan terakhir pekerjaan yang ditinggalkan selama cuti. Jika pekerjaan terkendali, liburan berasa aman dan menyenangkan.

Mudah, bukan? Tips sederhana di atas akan mempersiapkan cuti lebaranmu lebih nyaman tanpa memikirkan pekerjaan sementara waktu. Jangan lupa manfaatkan liburanmu untuk menyegarkan kembali pikiran dan badanmu, ya. Selamat menikmati liburan!

Cari info pekerjaan yang sesuai dengan kamu di JakartaKerja.com

X
X
X
X