Menuju 2020, Berikut Soft Skill yang Perlu Selalu Kamu Asah

Untuk bisa mendapatkan pekerjaan yang kamu inginkan, ada beberapa soft skill yang perlu kamu kembangkan

Menuju 2020, Berikut Soft Skill Yang Perlu Selalu Kamu Asah

Menuju 2020, Berikut Soft Skill yang Perlu Selalu Kamu AsahTak menunggu waktu lama sampai akhirnya memasuki tahun 2020. Beberapa resolusi perlu dibuat agar tahun depan semakin banyak pencapaian yang didapat. Salah satu bentuk pencapaian yang bisa dibanggakan adalah di bidang pekerjaan. Tanggung jawab perlu dikerjakan dengan maksimal. Jangan sampai performa kerja justru menurun karena memasuki tahun baru. Untuk menjaga performa di tempat kerja, ada beberapa soft skill yang perlu selalu diperhatikan, baik untuk kamu yang sudah lama terjun di dunia kerja atau bagi kamu yang masih mencari pekerjaan.

Soft skill 2020

Beberapa ahli di bidangnya sudah melakukan penelitian yang didasarkan pada survey. Hasil tersebut menunjukkan ada beberapa skill yang perlu kamu jadikan bekal di tahun 2020. Apa saja? Simak penjelasannya berikut ini.

  1. Complex problem solving

Sejak tahun 2015, skill ini menempati posisi pertama sebagai skill yang perlu dikuasai oleh pekerja. Banyaknya persoalan atau permasalahan yang perlu dihadapi menuntut seorang pegawai dari berbagai macam level untuk memiliki pola pikir memecahkan masalah yang rumit. Bila pola pikir atau mindset tersebut bisa kamu kuasai dengan baik, bukan tidak mungkin kesempatan kerja yang lebih baik bisa kamu dapatkan. Cara mengasah skill ini bisa dilakukan dengan berbagai macam cara. Kamu bisa banyak membaca buku-buku atau sumber literasi yang lain. selain itu, berdiskusi dengan orang lain tentang topik tertentu akan membantu pola pikirmu menjadi lebih berkembang.

  1. Berpikir kritis

Sesuai dengan skill yang dijelaskan di nomor sebelumnya, kamu juga perlu memiliki kemampuan berpikir kritis. Masih banyak orang yang belum bisa berpikir seperti ini. berpikir kritis akan membantumu untuk mendapatkan kemampuan di poin sebelumnya. Berpikir kritis yang dimaksud bukan berarti menentang semua isu, kebijakan, atau pekerjaan yang dilimpahkan kepadamu. Berpikir kritis yang dimaksud adalah bagaimana caramu menghadapi persoalan yang datang. berpikir kritis akan membantumu untuk cepat mendapat solusinya jika perlu.

  1. Kreativitas

Bila di tahun 2015 kreativitas berada di posisi ke-10 sebagai skill yang harus dimiliki, di tahun 2020, kreativitas menempati posisi ke-3. Hal tersebut bukanlah suatu hal yang aneh. Melihat dari perkembangan dunia kreatif yang ada sekarang ini, kreativitas seseorang menjadi skill yang perlu dimiliki siapa saja. Kreativitas yang dimaksud bukan berarti mmebuat desain saja. Akan tetapi, kreativitas juga bisa diaplikasikan pada pola pikir. Bagaimana seseorang menyelesaikan masalah. Apakah ada solusi lain agar permasalahan yang sama tidak terjadi berulang kali dan sebagainya.

  1. People management

Kemampuan untuk mengatur khalayak ramai menjadi skill selanjutnya yang perlu dimiliki. Tidak hanya seorang pimpinan yang perlu memiliki kemampuan ini. pegawai yang memiliki level di bawahnya pun perlu memiliki dan mengasah people management skill. Salah satu penunjang people management skill adalah kemampuan public speaking. Dengan menggunakan kemampuan ini, ada kemungkinan besar bagi kamu untuk mendapat kesempatan karir yang lebih baik.

Selain skill atau kemampuan yang telah dijelaskan sebelumnya, masih ada skill lain yang perlu kamu miliki di tahun 2020 nanti. Beberapa di antaranya adalah berkoordinasi dengan orang lain, kecerdasan emosional, membuat keputusan dan memberi penilaian, memberikan pelayanan, negosiasi dan kemampuan kognitif yang fleksibel. Kemampuan atau skill yang dijelaskan tidak didapat secara asal, lho. Semua skill tersebut dikutip dari Forum Ekonomi Dunia atay World Economic Forum. Kemampuan-kemampuan tersebut akan semakin kamu kuasai bila kamu banyak melatihnya.

Terus tingkatkan kwualitasmu dan jangan sampai ketinggalan update lowongan kerja di JakartaKerja

X
X