Sebagai Karyawan yang Sopan, Berikut Cara Resign yang Benar

Mulai bergabung dalam perusahaan harus memiliki etika yang baik, begitu pula dengan kamu memutuskan untuk resign

Sebagai Karyawan Yang Sopan, Berikut Cara Resign Yang Benar

Sebagai Karyawan yang Sopan, Berikut Cara Resign yang BenarSetelah menyelesaikan pendidikan, kamu akan berhadapan dengan dunia kerja. Beberapa berkas disiapkan dan kamu mengirimnya ke berbagai perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan sesuai dengan yang kamu inginkan. Setelah itu, tahapan proses rekrutmen kamu ikuti dengan maksimal hingga mengantarkanmu ke gerbang perusahaan, akhirnya kamu diterima kerja.

Selang beberapa waktu, ada beberapa pertimbangan yang mengharuskanmu untuk resign. Mulai dari beban kerja yang tidak bisa lagi kamu tanggung, gaji yang di bawah standar, lingkungan kerja yang tidak mendukung, dan lain sebagainya. Tentu saja kamu belum memiliki pengalaman resign, kan? Mengundurkan diri dari pekerjaan tidak bisa dilakukan sembarangan. Cara resign harus dilakukan dengan benar. Saat kamu mulai bekerja saja ada prosedurnya, apa iya kamu tega mengundurkan diri begitu saja?

Cara Resign yang Benar

One month notice

Cara sederhana yang perlu kamu ingat adalah dengan memberi pemberitahuan terlebih dahulu kepada HRD, manajer atau level lain yang kamu jadikan atasan. Biasanya, masa pemberitahuan di perusahaan disebut dengan one month notice. Masing-masing perusahaan memiliki kebijakannya sendiri-sendiri. ada yang mewajibkan pegawainya untuk memberi pengunduran diri dengan jarak satu bulan, ada yang memberikan waktu dua bulan, dan lain sebagainya. Kamu harus mematuhi peraturan ini. Di beberapa perusahaan pun mencantumkan prosedur resign di kontrak kerja. Jadi, coba dibaca lagi kontra kerja yang kamu setujui. Apakah rencana resign yang kamu miliki sudah sesuai atau belum.

Selesaikan semua tanggung jawab

Sejalan dengan penjelasannya sebelumnya, kamu perlu menyelesaikan pekerjaan yang sedang kamu selesaikan. Jangan sampai kamu meninggalkan kantor dengan belum menyelesaikan tugas yang memang menjadi tanggung jawabmu. Menyelesaikan semua tugas akan berpengaruh terhadap pekerjaanmu selanjutnya. Beberapa HRD di setiap perusahaan ada yang saling terhubung. Tidak menutup kemungkinan perusahaan selanjutnya yang akan mempekerjakanmu akan menghubungi HRD di perusahaanmu yang sekarang untuk melakukan cek data terkait pengalaman kerja yang kamu punya. Bila kamu meninggalkan kesan buruk, dikhawatirkan akan berpengaruh terhadap jenjang karirmu selanjutnya.

Bantu HRD untuk mencari pengganti

Kamu memang tidak memiliki tanggung jawab penuh untuk mencari pengganti untuk mengisi posisi pekerjaan yang kamu tinggalkan. Akan tetapi, tidak ada salahnya untuk menawarkan bantuan kepada HRD untuk mempromosikan lowongan pekerjaan di perusahaan yang akan kamu tinggalkan. Hal ini tentu saja akan sangat bermanfaat untuk kelangsungan roda perusahaan. Akan lebih baik bila kamu bisa mendapat pengganti yang sesuai dengan kualifikasi perusahaan.

Berikan sedikit kenang-kenangan kepada teman kerja

Hal selanjutnya yang bisa kamu lakukan ketika memutuskan untuk resign adalah dengan memberi kenang-kenangan dengan teman kantor. Bila tempat kerjamu sekarang adalah perusahaan besar, kamu bisa membatasi untuk membagi kenang-kenangan dengan teman satu divisi saja. Kenang-kenangan yang dimaksud tidak perlu terlalu mewah. Kamu bisa memesan kopi agar menambah semangat kerja teman-teman yang kamu tinggalkan.

Itulah beberapa hal yang bisa kamu lakukan ketika resign atau apabila berpikiran untuk melakukan resign. Meski sederhana, tapi masih banyak orang yang menyepelekannya, lho. Setelah membaca artikel ini, diharap kamu bisa bertindak lebih bijak lagi ketika memutuskan untuk mengundurkan diri dari pekerjaan yang saat ini sedang kamu lakukan.

Jangan lupa untuk meminta paklaring atau surat pernah bekerja di perusahaan yang akan kamu tinggalkan. Paklaring sangat berguna karena bisa dijadikan bukti bahwa kamu memang benar-benar memiliki pengalaman kerja. Dengan adanya dokumen tersebut, jenjang karirmu selanjutnya bisa lebih maksimal.

Simak info loker terbaru di JakartaKerja

X
X