Tips Membangun Komunikasi dengan Atasan yang Bisa Dicoba

Atasan adalah yang menentukan masa depan karir anda di perusahaan, sehingga anda harus menerapkan beberapa tips ini agar karir anda semakin cemerlang

Tips Membangun Komunikasi Dengan Atasan

Iklim kerja yang sangat kondusif tentu saja banyak diimpikan oleh para pekerja. Hal ini dianggap akan memberikan pengaruh terhadap peningkatan kinerja dari setiap personal. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan suasana kerja yang baik adalah komunikasi antar personal. Semakin baik komunikasi yang dibangun oleh para pekerja tentu saja akan memberikan potensi terhadap kinerja yang dibutuhkan oleh perusahaan. Hubungan komunikasi ini bisa saja dilakukan sesama pegawai hingga kepada atasan. Anda juga bisa meningkatkan hubungan komunikasi kepada atasan agar mendapatkan kemudahan terhadap seluruh pekerjaan. Apalagi ada beberapa tips membangun komunikasi dengan atasan yang bisa dicoba.

Tips Membangun Komunikasi dengan Atasan

Membangun komunikasi dengan atasan sebenarnya bisa anda lakukan dengan mudah. Hal ini biasanya berkaitan dengan pesan yang ingin disampaikan hingga cara atau metode penyampaian itu sendiri. Selain itu, fungsi dari membangun komunikasi ini adalah menghindari konflik yang akan merugikan masing-masing personal. Berikut ini ada 5 tips membangun komunikasi dengan atasan yang bisa dicoba dengan mudah seperti:

  1. Menjadi pendengar yang baik

Salah satu tips membangun komunikasi dengan atasan yang bisa dicoba adalah dengan menjadi pendengar yang baik. Komunikasi yang berlangsung dengan atasan akan terjalin dengan baik bila anda mendengarkan seluruh hal yang disampaikan. Apalagi metode seperti ini sangat ampuh untuk menghindari konflik yang sangat tinggi akibat suasana kerja yang dianggap kurang kondusif. Cobalah dengarkan seluruh hal yang disampaikan tanpa harus melakukan perdebatan. Selain itu, cara ini juga akan membantu anda untuk mengetahui gagasan yang disampaikan atasan secara rinci.

  1. Berani memberikan tanggapan hingga bertanya balik

Anda juga memiliki kesempatan untuk menyampaikan tanggapan hingga bertanya balik kepada atasan. Namun, metode ini juga harus disesuaikan dengan situasi dan diterapkan pada waktu yang tepat. Misalnya saja saat anda mendapatkan hal yang kurang dimengerti maka cobalah untuk menyampaikan pertanyaan kepada atasan. Hal ini akan menghindari anda untuk pesan yang tidak dimengerti dan terhindar dari kinerja yang buruk. Hindari memberikan pertanyaan yang berlebihan atau tidak penting sama sekali.

  1. Menggunakan bahasa tubuh yang sopan

Tips membangun komunikasi dengan atasan adalah dengan menggunakan bahasa tubuh yang sopan. Biasanya beberapa orang yang berkomunikasi dengan atasan akan menggunakan bahasa tubuh sebagai ekspresi dari komunikasi dua arah. Cara seperti ini dianggap sangat spontan. Namun, anda harus mempertimbangkan gerakan tubuh yang tidak berlebihan dan masih tergolong sopan. Jangan pernah menggunakan bahasa tubuh yang dianggap melecehkan atau meledek atasan.

  1. Jangan sok tahu

Anda harus ingat bahwa komunikasi yang dibangun dengan atasan biasanya berdasarkan pengetahuan yang baik. Jangan pernah berkomunikasi dengan atasan seperti mengetahui banyak hal. Padahal itu bisa saja membuat penilaian dari atasan bahwa anda sok tahu. Cara seperti ini justru akan membuat konflik dan kondisi kerja semakin tidak baik. Anda harus memilki referensi yang baik untuk memberikan pandangan atau pendapat sesuai topik pembicaraan.

  1. Menggunakan bahasa sederhana dan mudah dimengerti

Cobalah gunakan bahasa yang sederhaan dan mudah dimengerti. Cara seperti ini memang dilakukan untuk menghindari intepretasi yang berbeda dalam menyelesaikan tugas dan tanggungjawab. Bahasa yang sederhana juga akan memudahkan anda untuk mengerti dalam waktu yang relatif lebih cepat. Selain itu, jangan pernah menggunakan istilah yang sulit dimengerti atasan.

Apakah anda ingin memulai karir di Jakarta? Yuk mulai cari lowongan kerja Jakarta yang sesuai dengan minat dan bakat anda di JakartaKerja.com

X
X