Jobseeker, Inilah Skill yang Bisa Jadi Nilai Tambah Buat Kamu

Untuk kamu yang sedang mencari pekerjaan ketahui value apa yang ada dalam diri kamu untuk menjadi nilai plus

Para Jobseeker

Skill yang Bisa Jadi Nilai Tambah Buat Kamu – Teruntuk kamu si jobseeker atau para pencari kerja, sudah melamar kesana kemari tapi belum ada panggilan kerja? Apalagi untuk kamu para fresh graduate, belum berpengalaman tapi ingin diterima kerja di tempat idaman kamu.

Skill yang Bisa Jadi Nilai Tambah Buat Kamu

Tenang aja! meskipun pengalaman masih nol, jika kamu menguasai kemampuan dibawah ini maka siap-siap untuk dilirik dan direkrut oleh para HRD. Apa aja? Yuk langsung aja kita simak!

Kemampuan Kepemimpinan atau Leadership

Ternyata tidak semua orang dikaruniai jiwa kepemimpinan lho! Maka dari itu, jika kamu sering dipilih menjadi ketua atau pemimpin meskipun hanya dalam lingkup kampung atau dunia perkuliahanmu, selamat! itu tandanya kamu memiliki jiwa kepemimpinan yang baik. Jangan kamu sia-siakan, ini juga termasuk skill yang banyak dibutuhkan perusahaan lho!

Kamu bisa terus mengasah jiwa kepemimpinanmu dengan mendengarkan kritik dan saran dari bawahanmu, selalu bertanggung jawab, dan komitmen. Jika kamu bisa menjadi pemimpin yang baik, tentu akan banyak perusahaan yang menginginkanmu untuk bergabung dengan mereka. Jangan sia-siakan bakat ini, kamu bisa mencantumkan skill kepemimpinan di CV kamu.

Kemampuan Berbahasa Asing

Kalau yang satu ini memang sudah tidak perlu dipertanyakan lagi, wajib kamu cantumkan dalam CV jika kamu mampu menguasai bahasa asing dengan baik. Apalagi Bahasa Inggris, di era sekarang ini fasih dalam berbahasa Inggris sepertinya sudah menjadi sebuah keharusan ya.

Namun jika kamu dapat menguasai bahasa asing lainnya tentunya menjadi point plus plus buat CV kamu. Karena tak jarang sebuah perusahaan membutuhkan seseorang yang mampu berbahasa asing selain Bahasa Inggris, seperti Bahasa Mandarin, Bahasa Korea, Bahasa Jepang, dan bahasa asing lainnya.

Bahkan untuk bisa lebih mendalami, kamu bisa mengikuti kursus bahasa asing. Toh tidak ada ruginya kan, suatu saat skillmu ini pasti akan dibutuhkan kok.

Kemampuan Bekerja Sama Dalam Tim

Kamu pasti akan berfikir semua pasti bisa bekerja sama dalam tim, tapi jangan salah ternyata tidak semua orang mampu melakukan ini lho! Jika kamu salah satunya yang dikaruniai skill ini, bersyukurlah. Karena perusahaan pasti akan melirik orang-orang yang tidak hanya mampu bekerja sendiri tapi juga bekerja sama dalam tim.

Kuncinya adalah kamu harus pandai berbaur dengan teman-teman di lingkungan kerjamu, jika ada perselisihan dalam tim harus segera diselesaikan dengan baik. Karena jika berselisih paham terlalu lama dengan rekan kerja pasti menimbulkan suasana kerja yang tidak nyaman. Untuk itulah kemampuan membaur dan bekerja sama dalam sebuah tim penting untuk dimiliki.

Lalu Pengertian Dari Hard Skill dan Soft Skill Itu Apa?

Kamu pasti bertanya-tanya, skill diatas termasuk dalam hard skill atau soft skill sih? Tunggu dulu, pengertian dari hard skill dan soft skill sendiri sudah tau atau belum?

Jadi hard skill adalah suatu kemampuan yang bisa kamu pelajari, atau kemampuan yang bisa diukur. Singkatnya, kamu bisa mempelajari hard skill melalui banyak cara, entah itu mengikuti kursus, melalui buku, atau belajar via online juga bisa.

Lalu contoh dari hard skill apa aja sih? Contohnya fasih berbahasa asing, kemampuan dalam pengoperasian komputer, mahir dalam hal desain, mahir mengoperasikan suatu mesin, dan lain sebagainya.

Kebalikan dari hard skill, soft skill tidak bisa kamu pelajari, karena merupakan kemampuan bawaan dari seseorang. Lalu apa aja contoh dari soft skill? Contohnya ada kemampuan komunikasi, kepemimpinan, kesabaran, bekerja sama dengan tim, manajemen waktu, dan lain sebagainya.

Para jobseeker udah tau kan sekarang, kemampuan yang menurutmu sepele tapi ternyata bisa jadi nilai tambah buatmu kan. Untuk itu pantang menyerah dan tetap semangat dalam mencari kerja ya!

Yuk siapkan Skill untuk menjadinilai tambah dan cari informasi kerja di JakartaKerja

X
X