Beberapa Perbedaan Pekerjaan Freelance dan Kantoran yang Perlu Kamu Tahu

Masih bingung memutuskan akan bekerja dikantor atau ingin mencoba peluang freelance?

Bekerja Freelance, Kamu Punya Waktu Fleksibel Dan Bisa Bekerja Di Mana Saja

Beberapa Perbedaan Freelance VS Kantor yang Perlu Kamu Tahu – Sekarang ini jenis-jenis pekerjaan tidak lagi sedikit. Orang sudah punya banyak pilihan buat bekerja, seperti menjadi pengusaha, sebagai freelancer, atau bekerja di kantor. Dari beberapa jenis pekerjaan itu, kebanyakan orang penasaran dengan perbedaan freelance vs kantor. Meski sama-sama melakukan pekerjaan, keduanya punya perbedaan yang cukup signifikan.

Perbedaan Pekerjaan Freelance dan Kantoran

Freelancer merupakan pekerja yang bisa dilakukan di mana saja. Tidak terpaku pada 1 tempat saja, mereka bisa melakukannya di rumah, di kafe, atau di kantor terbuka. Sedangkan kalau bekerja kantor, karyawannya harus datang ke perusahaannya buat melakukan pekerjaan yang bisa meningkatkan keuntungan perusahaan.

Selain dari perbedaan kecil itu, masih banyak perbedaannya yang bisa kamu pelajari di bawah ini.

Waktu Kerja

Sebagai seorang freelancer, kamu bisa punya waktu kerja yang berdasarkan dari kesepakatan dirimu sendiri. Kamu bisa bebas memilih jam kerja kamu tergantung keinginanmu. Kebanyakan orang yang menjadi freelancer akan meluangkan waktu malam harinya buat bekerja sampai subuh. Sedangkan waktu pagi sampai siang mereka gunakan buat tidur.

Berbeda dengan karyawan kantor yang punya jadwal jam kerja yang lebih teratur. Sebagai karyawan kantor, kamu punya jam kerja dari jam 8 pagi sampai jam 5. Kalau pun memang ada tugas tambahan, kamu memang harus lembur sampai beberapa jam lagi. Tapi, jam kerja itu tidak akan membuat waktu tidur kamu terganggu, karena paginya kamu berangkat ke kantor, sorenya pulang, dan malamnya bisa tidur.

Dengan kata lain, freelancer punya jam kerja yang lebih fleksibel, sedangkan karyawan kantor jam kerjanya lebih teratur.

Attitude dan Kebiasaan Bekerja

Setiap orang punya peran masing-masing dalam bekerja, entah itu sebagai freelancer atau karyawan kantor. Tapi, salah satu Perbedaan Freelance VS Kantor yang Perlu Kamu Tahu yaitu pada attitude dan kebiasaan bekerja. Kedua hal itu memang menjadi perbedaan yang cukup signifikan karena memang punya perbedaan tempat kerja.

Sebagai freelancer, kamu bisa bekerja di mana saja, sehingga kamu bisa bertemu dengan lebih banyak orang daripada karyawan kantor yang bertemu dengan orang yang itu-itu saja. Selain itu, bekerja di kantor sebenarnya juga punya beberapa keuntungan, seperti punya rekan kerja, mindset shift, dan sebagainya.

Berbeda dengan freelancer yang bekerja di rumah atau tempat lainnya, tentu akan lebih gampang terganggu dengan keadaan lingkungan sekitar. Belum lagi kalau di rumah ada beberapa hal yang membuat kamu menunda pekerjaan, seperti toples cemilan, nonton tv, atau pun suara-suara mengganggu lainnya.

Pakaian

Perbedaan freelance vs kantor yang paling terlihat yaitu dari segi pakaiannya. Kamu yang bekerja sebagai karyawan kantor tentu harus pakai pakaian yang sesuai dengan aturan kantor. Entah itu formal, kasual, atau seragam resmi lainnya. Kalau kamu melawan aturan berpakaian kantor, biasanya akan diberikan sanksi tidak tertulis, tapi tetap saja akan menurunkan kualitas kerja kamu.

Berbeda dengan kamu yang bekerja sebagai freelancer, kamu bisa secara bebas menggunakan pakaian sesuai keinginanmu. Entah itu mau baju tidur, baju kasual buat jalan-jalan dan sebagainya tidak akan ada yang melarangmu.

Peraturan

Peraturan juga menjadi perbedaan yang signifikan sebagai pekerja freelancer dan karyawan kantor. Di perusahaan, kamu harus mengikuti segala aturan yang berlaku karena ada kesepakatan aturan yang sudah kamu tanda tangani saat diterima bekerja. Mulai dari datang sesuai jam yang berlaku, tanggung jawab pada tugas kerja, izin kerja, sampai hak gaji.

Terkecuali kalau kamu bekerja freelance. Tentu aturan-aturan itu tidak berlaku buat kamu karena memang tidak ada aturan tertulisnya. Hanya saja, karena kamu bekerja untuk klien, mungkin kamu akan diberikan beberapa aturan yang lebih sedikit, seperti pengumpulan pekerjaan sesuai deadline, kriteria tugas kerjanya, dan sebagainya.

Tidak bingung lagi kan perbedaan freelance vs kantor? Tentunya sekarang kamu jadi lebih paham dengan kedua jenis pekerjaan ini. Entah itu mau bekerja di kantor atau sebagai freelance, lakukan yang terbaik agar bisa meningkatkan kualitas kerjamu di masa depan.

Dapatkan informasi mengenai lowongan kerja di JakartaKerja

X
X