Tanda Perlu Rehat Sejenak dari Kesibukan Kerja, Apa Saja?

Sebagai manusia, wajar merasakan lelah dan penat ketika terlalu over dalam bekerja, kenali tandanya jika Anda memerlukan istirahat.

Tired Work

Tanda Perlu Rehat Sejenak dari Kesibukan Kerja – Pekerja atau karyawan sering kali mengeluh jika ada pekerjaan yang menumpuk hingga membuat kelelahan. Sebuah kewajiban Anda sebagai karyawan untuk menjaga kesehatan agar mampu melakukan aktivitas dengan normal. Apalagi pekerjaan yang membutuhkan energi pikiran maupun fisik, tentunya membutuhkan jeda atau istirahat agar tidak menimbulkan kelelahan yang fatal.

Namun, setiap orang memiliki kapasitas masing-masing dalam menanggung beban kerja. Beberapa orang mungkin tahan dengan pekerjaan yang mengutamakan fisik, ada pula sebaliknya. Sebaiknya Anda harus kenali ciri-ciri jika badan membutuhkan waktu rehat sejenak dari pekerjaan. Teruntuk Anda yang mungkin merasa perlu memberi jeda alias istirahat bekerja, simak tanda-tandanya apa saja!

Tanda Perlu Rehat Sejenak dari Kesibukan Kerja

  1. Mata berkantung

Saat badan Anda kecapean, mata akan memperlihatkan tanda kelelahan. Misalnya Anda bekerja terlalu lama di depan layar komputer, mata yang pertama kali terkena efeknya. Salah satu akibat dari kelelahan bekerja adalah mata menjadi menghitam dari biasanya. Mata panda dan kantung mata menjadi sahabat Anda bila terlalu lama bekerja tanpa istirahat. Untuk penanganan pertama bisa sering-sering mengompres mata agar lebih segar dan alihkan pandangan mata ke pemandangan yang segar seperti warna hijau dan benda-benda jauh. Ingat, istirahatkan mata Anda ya!

  1. Bibir kering atau sariawan

Satu hal yang kadang para pekerja lupa bahwa cairan dan vitamin diperlukan untuk menjaga daya tahan tubuh. Seringkali bibir kering dan sariawan mengganggu karena memaksakan bekerja terlalu keras hingga lupa minum air putih atau mencukupi asupan vitamin C untuk tubuh. Bisa juga karena paparan AC setiap hari dan berjam-jam dalam ruangan. Cara mencegahnya yaitu cukup istirahat dan cukupi kebutuhan cairan tubuh, jika sariawan sudah terlalu serius segerakan periksa ke dokter.

  1. Emosi sering tidak terkontrol

Bagaimana jika Anda sedang banyak pekerjaan namun terus memforsir diri untuk tetap lanjut bekerja? Tentu mood dan emosi akan tidak karuan. Anda akan lebih mudah tersinggung dan sering marah tanpa alasan jelas. Padahal penyebab utama adalah kurangnya rehat dari pekerjaan. Nah, agar rekan kerja dan orang sekitar tidak kena semprot amarah Anda, berhentilah sejenak dari rutinitas bekerja dan istirahat. Refresh sejenak atau liburan agar emosi dan pikiran Anda lebih jernih.

  1. Berat badan tiba-tiba turun drastis

Biasanya orang yang tidak nafsu makan akan kehilangan berat badan dengan drastis. Termasuk para karyawan yang kelelahan dalam bekerja, tubuh bereaksi tidak seperti biasanya. Hal itu bisa berpengaruh pada pola makan yang tidak teratur karena badan Anda terlanjur lelah. Lama-kelamaan asupan nutrisi juga berkurang, tenaga yang terus digunakan untuk bekerja semakin menipis. Cara jitu mencegahnya yaitu jangan lupakan makan pagi dan makan siang ketika bekerja untuk menjaga stamina sehari-hari. Lanjutkan dengan olahraga rutin di sela-sela hari libur kerja Anda. Jangan lupa kesehatan itu nomor satu, ya.

Akibat dari kelelahan bekerja kadang diabaikan begitu saja. Kebanyakan orang akan mengira kelelahan akan berlalu dan tubuh akan baik-baik saja. Namun ada baiknya, Anda memperhatikan badan Anda yang sudah protes saat sudah cukup lelah dari aktivitas kerja terus-menerus. Yuk, lebih sering peduli dengan tubuh kita dengan menjaga kesehatan dan istirahat yang cukup.

Cari info pekerjaan yang sesuai dengan kamu di JakartaKerja.com

X
X