Fresh Graduate? Inilah Tips Supaya Kamu Cepat Mendapat Pekerjaan

Pastinya tidak ingin lama-lama menjadi pengangguran, bukan? Kami ada tips jitu untuk kamu para fresh graduate agar cepat mendapatkan pekerjaan

Kiat Kiat Untuk Fresh Graduate Mendapat Pekerjaan

Tips Supaya Kamu Cepat Mendapat Pekerjaan – Ketika lulus dari universitas, salah satu tujuan fresh graduate adalah mencari pekerjaan. Mungkin tidak semuanya, tetapi sebagian besar fresh graduate memang menginginkan sebuah pekerjaan usai lulus kuliah. Alasan mencari pekerjaan pun bermacam-macam, mulai dari ingin mandiri, membantu keuangan keluarga, dan lain-lain. Namun, karena persaingan fresh graduate sangat tinggi, kamu pun harus pintar-pintar dalam melamar kerja. Lalu, bagaimana fresh graduate melamar pekerjaan supaya diterima?

Kiat-Kiat Untuk Fresh Graduate Mendapat Pekerjaan

  1. Pahami kualifikasi lowongan yang kamu lamar

Ketika mengirim lamaran pada suatu perusahaan, pertama kali yang harus kamu teliti adalah kualifikasi yang diharapkan oleh perusahaan tersebut. Misalnya seperti berapa rentang usia yang dibutuhkan, jenis kelamin, posisi, skill, dan syarat lainnya. Tentu akan percuma jika kamu mengirim lamaran tetapi kamu tidak masuk dalam kualifikasi.

Misalnya saja, yang dibutuhkan perusahaan adalah pekerja pria, sedangkan kamu adalah wanita. Saat kamu melamar, otomatis surat lamaranmu akan disingkirkan begitu saja. Jika bisa, sebagai lulusan baru, utamakan perusahaan yang menerima fresh graduate, karena kemungkinan kamu untuk diterima lebih besar dibandingkan jika melamar ke perusahaan yang membutuhkan pekerja profesional.

  1. Tingkatkan kemampuanmu

Supaya kamu bisa melamar ke banyak tempat, dan bahkan melamar ke bidang yang tidak berhubungan dengan gelar sarjanamu, ada baiknya kamu meningkatkan berbagai kemampuan mulai dari sekarang. Untuk meningkatkan skill bisa dengan berbagai macam cara, mulai dari les, atau belajar lewat tutorial di internet.

Sebab, semakin banyak skill yang kamu miliki, semakin besar kesempatan untuk mendapat perhatian ketika kamu wawancara. Misalnya, kamu melamar sebagai seorang akuntan, kamu pun ternyata memiliki skill bahasa Inggris dan Bahasa Cina yang mumpuni, kamu juga bisa mendesain dan lain-lain, tentu hal ini akan membuat HRD mempertimbangkan untuk merekrutmu. Meskipun bukan pada posisi yang kamu lamar, tetapi keahlianmu tersebut bisa saja membuka peluang baru.

  1. Pelajari setiap perusahaan yang mengajakmu wawancara

Dari berpuluh-puluh lamaran yang kamu kirim, pasti ada satu atau dua panggilan wawancara. Apabila sudah ada panggilan seperti itu, segera pelajari seluk-beluk perusahaan yang memanggilmu. Mulai dari siapa pimpinannya, bergerak di bidang apa saja, visi misi, dan lain sebagainya. Hal ini sangat penting, karena HRD perusahaan biasanya menginginkan karyawan yang memiliki visi dan misi sama.

  1. Latih komunikasimu

Komunikasi adalah aspek penting dalam mendapatkan pekerjaan. Kemampuan berkomunikasi sangat menentukan apakah seseorang dapat diterima bekerja atau tidak. Cara komunikasimu biasanya akan dinilai ketika wawancara. Oleh sebab itu, pikirkan baik-baik jawaban dan cara bicaramu ketika menjawab setiap pertanyaan.

Apabila sekarang kamu masih belum menguasai cara berkomunikasi yang baik, kamu bisa mulai untuk belajar. Beberapa orang memang sudah terlahir dengan kemampuan bicara yang memukau, tetapi orang yang tidak terbiasa berkomunikasi pun bisa menjadi mahir jika mau berlatih. Sebab, ilmu ini bisa dipelajari dan akan sangat membantumu dalam mencari pekerjaan maupun kehidupan sehari-hari.

  1. Perbanyak relasi

Sebagai fresh graduate, biasanya pengalaman bekerja belum banyak atau bahkan belum ada sama sekali. Salah satu cara supaya cepat mendapat kerja adalah dengan memperbanyak relasi atau kenalan. Inilah mengapa hubungan pertemanan sejak dahulu kala sampai sekarang sangat penting untuk dijaga. Apabila relasi sekarang masih sedikit, kamu bisa memulai untuk membuka pertemanan baru dengan orang lain. Caranya bisa lewat berorganisasi, berkomunitas, atau yang sejenisnya.

Bagi fresh graduate untuk mendapatkan pekerjaan memang gampang-gampang susah. Tidak ada salahnya mengikuti tips di atas, karena lebih baik mencoba daripada tidak melakukan apa-apa.

Jangan sampai ketinggalan untuk info loker terbaru dari JakartaKerja

X
X