Tips Mencari Kerja Sesuai Passion Bagi yang Bosan dengan Pekerjaannya

Bisa bekerja dengan hati senang dan tanpa ada paksaan dari pihak manapun merupakan hal yang diharapkan oleh setiap orang.

Bekerja Sesuai Passion

Tips Mencari Kerja Sesuai Passion Bagi yang Bosan dengan PekerjaannyaSebagian besar orang mencari pekerjaan sebagai upaya bertahan hidup. Pekerjaan apa pun bukan masalah karena yang terpenting adalah hasil dari pekerjaan yang dilakukan tersebut. Beberapa orang memang beruntung bisa bekerja sesuai keinginannya, tetapi yang lain melakukan pekerjaan meskipun bergulat dengan sesuatu yang tidak disukainya. Kerja sesuai passion memang menjadi dambaan setiap orang, terlebih bagi orang yang sudah bosan dengan pekerjaannya sekarang.

Apabila kamu ingin bekerja sesuai passion, maka ada beberapa pertimbangan ketika mencarinya.

Pertimbangan Ketika Mencari Kerja Sesuai Passion

  1. Pilih pekerjaan yang benar-benar kamu sukai dari dalam hati

Tidak semua orang mengenali passion-nya sendiri, bahkan beberapa orang tidak tahu apa yang disukai dan tidak dalam hidupnya. Sangat beruntung jika sejak awal kamu sudah tahu apa yang menjadi minatmu, tetapi jika tidak, coba bertanya pada diri sendiri dan renungi lebih dalam.

Tanyakan pada dirimu, adakah sesuatu yang tidak membuatmu bosan bahkan jika harus berjam-jam membaca materi tentang hal tersebut. Apakah kamu rela menghabiskan sebagian besar waktumu untuk hal tersebut. Apakah kamu bahkan tidak peduli dengan income yang dihasilkan asal bisa melakukan hal tersebut? Apabila ya, kemungkinan hal itulah yang memang menjadi minatmu.

Jika penasaran, coba membaca sebuah buku yang mengulas materi tentang hal yang kamu sukai itu, jika kamu tidak merasa bosan sama sekali, kemungkinan besar kamu sudah menemukan passionmu.

  1. Ketauilah bahwa tidak semua passion bisa menghasilkan uang

Sebelum beralih pada pekerjaan yang sesuai passion-mu, kamu harus tahu bahwa tidak semua passion menghasilkan uang untuk menghidupi dirimu sehari-hari. Jika sudah demikian, tentu kamu harus siap dengan berbagai kemungkinan dalam hidupmu. Bukan masalah jika memang kamu bukan tipe orang yang mementingkan pendapatan, tetapi bagaimana jika kamu sudah berkeluarga? Hal itu harus menjadi pertimbangan penting.

Namun, apabila passion-mu ternyata membuatmu menghasilkan banyak income, tentu itu bonus untukmu. Kamu tidak perlu khawatir lagi dengan penghasilan, yang perlu dipikirkan adalah bagaimana cara mengelola passion tersebut sehingga tidak menjadi bumerang untuk diri sendiri.

  1. Cobalah menggabungkan berbagai kemampuan

Memiliki passion pada bidang tertentu bukan berarti seseorang andal dan profesional di bidang tersebut. Hal inilah yang perlu sekali kamu perhatikan jika ingin bekerja sesuai passion. Apabila kamu merasa kemampuan di passion-mu belum begitu expert, maka pikirkanlah keahlianmu yang lain, siapa tahu passion dan keahlianmu tersebut bisa dikombinasikan dan akhirnya membuatmu memenuhi impian untuk bekerja sesuai passion.

Contohnya saja, kamu suka menggambar, kamu juga memiliki keahlian marketing. Dengan begitu kamu bisa mengombinasikan keduanya dan menghasilkan pekerjaan yang mendatangkan income. Oleh sebab itu, apabila ingin benar-benar beralih kepada pekerjaan sesuai passion, hal-hal demikian juga perlu dipikirkan matang-matang.

  1. Jangan segan untuk meminta saran banyak orang

Sebelum meninggalkan pekerjaan lama dan beralih pada pekerjaan yang disenangi, bicarakanlah terlebih dulu dengan orang-orang di sekitarmu. Misalnya, pada istri atau suami, pada ayah atau ibu, pada teman, rekan satu profesi, dan siapa pun yang kamu percaya dapat memberi nasihat yang benar. Setelah itu, pikirkan masak-masak apakah pendapat mereka semua sesuai dengan apa yang kamu inginkan, dan apakah baik untuk masa depanmu. Tidak perlu terburu-buru.

Bekerja sesuai passion memang akan membuatmu merasa lebih bahagia, tetapi sebelum memutuskan hal tersebut, pertimbangan-pertimbangan lain juga sebaiknya tidak diabaikan. Kenali dirimu sendiri, apa yang benar-benar kamu inginkan, dan bagaimana kebutuhanmu di masa kini. Baru setelah itu kamu bisa menentukan apakah akan kerja sesuai passion atau tidak.

Simak terus info loker terbaru di JakartaKerja

X
X