Kerja Tak Sesuai Passion? Beginilah Caranya Berdamai dengan Pekerjaan

Bagi kamu yang saat ini sedang menjalankan pekerjaan tidak sesuai passion, percayalah akan banyak hal indah untuk kedepannya

An Overwhelmed Businessman.

Kerja Tak Sesuai Passion? Beginilah Caranya Berdamai dengan PekerjaanDi era modern, jenis pekerjaan semakin banyak, tetapi mencarinya pun tetap saja tidak semudah membalikkan telapak tangan. Hal ini karena pertumbuhan penduduk yang pesat, manusia dituntut bekerja dengan cepat, dan jika tidak bisa mengimbanginya, bisa saja pekerjaan tersebut diganti dengan teknologi mutakhir. Tidak heran jika pencari kerja kini saling berebut, dan meskipun bekerja pada bidang yang tidak disukainya, tetap akan diambil karena memang tuntutan kehidupan.

Untuk mengatasi masalah ketidakcocokan dengan pekerjaan yang sekarang sedang dijalani, ada baiknya mulai berdamai dengan pekerjaan tersebut.

Langkah-Langkah untuk Berdamai dengan Pekerjaan

  1. Kunci utama adalah bersyukur bahwa kamu masih memiliki pekerjaan

Ketika kamu mendapatkan pekerjaan yang sangat tidak sesuai passion, cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah mengucap syukur. Pertama, karena kamu telah diterima bekerja, sedangkan orang lain yang juga melamar sama seperti kamu tidak diterima.

Apabila kamu merasa ada kesulitan dalam pekerjaanmu, pikirkan bahwa sekarang kamu masih bisa bekerja dengan lebih baik dibandingkan dengan orang-orang di luar sana yang pekerjaannya tidak semudah kamu. Bersyukur adalah salah satu tindakan positif yang akan membuat kehidupan pekerjaanmu lebih baik di masa depan.

  1. Anggap saja kamu sedang menuntut ilmu baru

Memiliki passion tertentu, berarti kamu sudah memiliki keahlian di bidang tersebut. Namun, ketika mendapatkan pekerjaan yang tidak sesuai dengan passion, berarti kamu akan melakukan hal-hal baru yang dapat menjadi pelajaran bagimu. Oleh sebab itu, anggap saja bahwa kamu sedang belajar hal baru seperti ketika sedang menjalani pendidikan di universitas atau di sekolah.

Misalnya, kamu awalnya adalah mahasiswa lulusan psikologi, tetapi kamu diterima bekerja di bank sebagai teller atau posisi lainnya, berarti kamu akan mulai belajar untuk segala hal yang berbau perbankan, pembukuan, dan sejenisnya. Daripada putus asa dan mengeluh, awali saja dengan niat untuk belajar hal baru. Jika sudah mahir, siapa tahu kamu akan suka dengan pekerjaan tersebut ke depannya.

  1. Pikirkan semua hal dengan cara yang mudah

Salah satu yang membuat seseorang merasa susah dan terbebani ketika bekerja pada hal yang tidak sesuai passion adalah karena mengawali pikiran dengan sesuatu yang buruk. Seperti rasa tidak suka sejak awal, menganggap pekerjaan beban, takut pada atasan yang marah, dan lain-lain.

Untuk mengatasinya, mulailah dengan mengawali pekerjaan dengan pikiran yang positif. Kuatkan mental, anggap pekerjaan yang diberikan sebagai tantangan baru, dan jika dimarahi atasan, anggap saja sedang dimahari orang tua sendiri.

  1. Jaga kesehatan fisik untuk mental yang lebih sehat

Supaya bisa bekerja dengan baik, jangan lupa untuk memperhatikan kesehatan fisikmu sendiri. Konsumsilah makanan yang sehat seperti buah dan sayur, berolahraga ketika sedang ada waktu luang, dan perbanyak minum air putih setiap harinya. Tubuh yang sehat juga akan membuat pikiranmu lebih segar, sehingga lebih nyaman untuk mengerjakan semua pekerjaan.

  1. Sekali-kali beri reward pada diri sendiri

Apabila kamu sudah merasa sangat penat dengan pekerjaan, tidak apa-apa sekali-kali memberi penghargaan pada diri sendiri. Ada banyak cara untuk melakukannya, tapi yang penting kamu melakukan sesuatu yang kamu suka dan membuatmu nyaman. Misalnya seperti tidur seharian tanpa melakukan apa-apa, pergi jalan-jalan, membeli makanan enak, dan lain sebagainya. Ketika sudah fresh, kamu bisa kembali menjalani aktivitas seperti biasa.

Di zaman yang seperti ini, sebagian besar pencari kerja memang tidak pilih-pilih ketika melamar pekerjaan. Yang terpenting adalah bahwa kamu sudah memiliki sesuatu yang dapat dikerjakan, jadi syukuri saja mulai dari sekarang. Semangat.

Yuk simak Loker terbaru di JakartaKerja

X
X