Kamu Mahasiswa? Ini Tips Mencari Kerja Part Time

Salah satu cara untuk mencari uang jajan tambahan bagi kamu mahasiswa adalah kerja paruh waktu yang tidak menggangu jam kuliahmu

Travel Destination Berlin: Cafes

Saat menjadi mahasiswa perantauan, tentu urusan finansial harus bisa dikelola dengan baik agar kebutuhan dalam sebulan atau sampai dikirim uang jajan dari keluarga bisa tetap terpenuhi. Tapi, tidak ada salahnya kamu ikut kerja part time yang bisa kamu dapatkan di kafe, perusahaan, atau pun melalui online.

Tips Mencari Kerja Part Time

Bekerja secara part time merupakan cara alternatif kamu mendapatkan uang jajan. Tidak usah lagi menunggu kiriman orang tua, kamu sudah bisa menghasilkan uang jajan sendiri buat kebutuhanmu. Agar kamu bisa mendapatkan pekerjaan paruh waktu, simak dulu cara-caranya di bawah ini.

Cari Informasi Pekerjaan

Pekerjaan paruh waktu bisa kamu dapatkan dari berbagai sumber. Entah itu di halaman website perusahaan, website kampus, brosur, media sosial, atau pun teman mau pun keluarga. Manfaatkan semua itu agar kamu bisa mendapatkan informasi pekerjaan yang sesuai dengan minat kamu.

Tapi agar kamu bisa lebih gampang mencari informasinya, lebih baik kamu mencari kerja part time secara online. Tentunya dengan cara online kamu akan menjadi semakin gampang menemukan lowongan pekerjaan. Cukup memasukkan kata kunci di halaman mesin pencari, pasti akan ada banyak informasi yang kamu dapatkan.

Mulai Lebih Awal

Kalau kamu baru lulus SMA, tidak ada salahnya kamu mulai lebih awal buat bekerja secara paruh waktu. Kamu bisa memanfaatkan waktu luangmu buat bekerja agar uang jajannya bisa terisi lebih awal sebelum awal kuliah. Selain bisa mengisi tabungan lebih awal, melakukannya sebelum memulai masuk kuliah juga akan memudahkan kamu membagi waktu.

Perlu kamu tahu, begitu kamu masuk kuliah, kamu harus bisa membagi waktu dengan baik agar pekerjaan paruh waktu kamu tidak mengganggu jadwal kuliah. Usahakan saja kamu bisa melangkah lebih ke depan di bandingkan teman-temanmu yang lain.

Perhatikan CV

Meski pun kamu mau melamar kerja part time, tetap yang perlu kamu perhatikan adalah masalah CV-nya. CV memang poin penting yang harus kamu perhatikan dan siapkan dengan sebaik-baiknya agar perusahaan mau menerimamu. Tidak peduli pekerjaan apa yang mau kamu lamar, tetap saja usahakan buat CV yang bisa menjual potensi kamu dan menarik pihak HR buat menerimamu.

Saat kamu membuat CV, pastikan kamu membuatnya semenarik mungkin. Pengalaman perlu kamu masukkan agar perusahaan bisa semakin mempertimbangkan kamu. Tidak usah khawatir kalau kamu belum punya pengalaman pekerjaan. Kamu bisa memasukkan pengalaman menjadi relawan event, membantu bisnis keluarga, punya bisnis sendiri, atau pun relawan proyek-proyek lainnya.

Jangan lupa saat kamu mau buat CV, pastikan semuanya sudah up to date ya. Intinya jangan sampai kamu teledor yang menjadikan kesempatanmu di terima perusahaan keinginanmu buat bekerja paruh waktu terbuang sia-sia. Selain itu, gunakan desain CV yang lain sesuai dengan sektor pekerjaan yang mau kamu ambil.

Perhatikan Akun Media Sosial

Media sosial merupakan salah satu faktor perusahaan buat mempertimbangkan kamu masuk kerja part time di perusahaan mereka. Lebih baik kamu mengatur dulu akun media sosial kamu menjadi lebih rapi. Mulai dari profilnya, foto-fotonya, dan sebagainya. Pastikan kamu sudah menunjukan sisi positif dan potensial kamu di dalam akunmu agar perusahaan akan menilai kamu punya kelebihan yang sesuai dengan kriteria mereka.

Selain itu, jangan sampai kamu memakai konten yang negatif dan tidak sesuai dengan aturan bermedia sosial karena perusahaan pastinya tidak akan menerima kamu. Usahakan isi akun media sosial kamu profesional, padat, ringkas, dan lengkap.

Tidak menjadi masalah kamu yang masih mahasiswa sudah bisa mendapatkan pekerjaan. Dari kerja part time, kamu tidak usah lagi menunggu kiriman uang jajan orang tua. Bisa menghasilkan sendiri uang jajanmu tentu akan lebih tenang dibandingkan menunggu kiriman kan?

Yuk cari pekerjaan yang sesuai dengan kamu di JakartaKerja

X
X