Lebaran Semakin Mendekat! Inilah Tips Mengelola THR yang Tepat

Cara mengatur keuangan saat lebaran, khususnya uang THR juga harus diperhatikan guna menghindari krisis keuanganmu

0 Thr

Tips Mengelola THR yang Tepat – Setiap tahunnya warga Indonesia mempunyai agenda rutin bagi mayoritas muslim, yaitu Hari Raya Idul Fitri. Kita juga mengenalnya dengan istilah Lebaran. Sebentar lagi hari besar umat Islam tersebut akan tiba. Sebagai karyawan, THR atau Tunjangan Hari Raya merupakan sesuatu yang ditunggu. THR diberikan pada karyawan menjelang hari raya. Pendapatan ini dihitung diluar pendapatan bulanan.

Meskipun Kamu mendapat pendapatan dalam bentuk THR, bila sembrono menggunakannya tentu tidak baik. Uang yang seharusnya bisa bermanfaat, justru membuat kondisi finansialmu makin memburuk. THR yang Kamu terima sebaiknya dikelola dengan bijak agar benar berguna di hari raya. Agar uang THR tidak mudah lenyap dan bisa mbermanfaat, simak tips berikut ini, ya!

Tips Mengelola THR yang Tepat

  1. Bayar hutang yang masih menumpuk

Saat menerima uang THR, gunakan beberapa persen dari jumlah tersebut untuk  melunasi hutang-hutang yang masih menumpuk. Misalnya tagihan kartu kredit, pay later dan lainnya. Bila hutang terus ditumpuk keadaan finansial bulan-bulan berikutnya semakin memburuk. Untuk itu, bayar atau lunasi berbagai hutang agar kedepannya terhindar dari beban membayar hutang. Cicilan membayar hutang bila dibayar teratur dan mengurangi gaya hidup konsumtif akan memperbaiki kondisi keuangan tetap stabil.

  1. Gunakan untuk memenuhi kebutuhan lebaran

Fungsi tunjangan diberikan kepada karyawan salah satunya adalah memenuhi kebutuhan lebarang. Misalnya makanan, minuman, dan uang untuk diberikan ke orangtua atau saudara. Hal yang perlu Kamu ingat adalah menggunakan skala prioritas, mana kebutuhan yang harus kamu penuhi dulu. Apakah membeli makanan, baju, atau kebutuhan mudik yang diutamakan? Sisakan uang THR untuk kebutuhan pokok, jangan sampai habis tak tersisa untuk membeli barang karena dorongan keinginan saja. Konsumsi yang berlebihan juga tidak bagus, bukan?

  1. Jangan lupakan bayar zakat atau sedekah

Lebaran berarti harus menyisihkan sebagian rezeki untuk membayar zakat dan sedekah. Zakat sangat bermanfaat karena memberi berkah atas harta yang Kamu miliki. Sebagian dari hartamu itu adalah hak dari orang miskin dan yang membutuhkan. Jadi, atur uang THR dengan mengalokasikan untuk membayar zakat sesuai ketentuannya. Selain itu, bersedekahlah di bulan yang penuh berkah tersebut.

  1. Simpan untuk dana darurat

Bila tahun sebelum-sebelumnya uang THR-mu habis dan tidak berasa manfaatnya, perbaiki cara mengelolanya tahun ini. Menahan diri untuk bertindak konsumtif adalah salah satunya. Karena banyak kondisi dan kejadian yang tidak bisa diprediksi, sebaiknya sebagaian uang THR disimpan untuk dana darurat suatu hari nanti. Kita tidak bisa kapan peristiwa buruk menimpa, jadi dana ini berguna saat dibutuhkan. Hampir mirip untuk tabungan, namun dana ini khusus untuk hal-hal diluar kendali seperti kecelakaan, sakit, bisnis menurun, kena PHK atau lainnya.

  1. Sisihkan sebagian untuk menabung

Nah, cara paling sederhana yang bisa Kamu lakukan agar uang THR yang didapat tidak ludes secepat api membakar adalah dengan menabung. Mulai detik ini juga Kamu harus memiliki tabungan jangka panjang. Gunanya adalah menjamin masa depan tidak terjebak kondisi keuangan yang buruk. Sisihkanlah persentasinya untuk menabung sesuai penghasilanmu. Sedikit namun rutin tetaplah membantu, daripada tidak ada tabungan sama sekali.

Itulah sedikit tips yang mungkin bisa membantu Kamu mengatur uang THR dengan lebih baik tahun ini.

Cari info pekerjaan yang sesuai dengan kamu di JakartaKerja.com

X
X