Tips Resign bagi Karyawan dengan Profesional

Anda ingin keluar dari perusahaan? Tunggu dulu, anda perlu membaca tips ini agar resign anda dapat berjalan dengan baik dan tidak salah langkah

Tips Resign Bagi Karyawan

Pengajuan berhenti bekerja bagi karyawan sering diungkapkan saat kantor sudah tidak memberikan iklim yang kondusif. Namun, ada juga alasan lain yang diberikan pegawai untuk resign dari tempat bekerja. Masing-masing dari alasan ini memang akan memberikan penilaian terhadap karakter anda sebagai seorang pekerja. Bila anda memang ingin mendapatkan suasana yang baru maka mulailah mencari tempat kerja yang ideal. Hal ini yang perlu diingat tentang mengajukan resign secara terhomat dan profesional. Anda juga bisa mencoba tips resign bagi karyawan yang membantu agar karir anda tidak terhambat.

Tips Resign bagi Karyawan

Anda bisa saja mengajukan resign kepada atasan dengan berbagai alasan. Namun, lakukan pengajuan resign tanpa harus merugikan diri anda sendiri. Cara seperti ini juga diterapkan untuk membantu anda mendapatkan karir yang lebih baik di tempat baru. Resign secara terhormat dan profesional memang menjadi tola ukur dari para atasan untuk memberikan ijin. Berikut ini ada 5 tips resign bagi karyawan yang bisa dicoba secara profesional seperti:

  1. Mengajukan alasan yang masuk akal

Ini merupakan tips resign bagi karyawan yang memang harus dilakukan. Ada banyak asalan resign yang bisa anda ajukan kepada perusahaan dan atasan. Namun, cobalah pilih alasan yang masuk akan dan sesuai dengan keadaan anda sendiri. Misalnya saja mengajukan resign untuk mendapatkan potensi peningkatan karir yang lebih baik, mendapatkan tantangan baru, iklim kantor yang sudah tidak kondusif dan lainnya. Jangan pernah mengajukan alasan resign yang terlalu berlebihan. Hal ini justru akan memberikan kesan negative dari perusahaan kepada anda.

  1. Resign dengan mengikuti aturan perusahaan

Anda harus tahu bahwa setiap perusahaan memiliki kebijakan tertentu dalam menghadapi kondisi karyawan atau pegawai yang ingin resign. Anda juga harus mengetahui seluruh peraturan yang telah ditetapkan oleh kantor terkait resign. Hal ini akan membantu anda untuk mendapatkan ijin yang lebih mudah. Bahkan, peraturan dan ketentuan seperti ini juga akan membuat anda bebas dari masalah di tempat yang baru.

  1. Memahami potensi diri

Tips resign bagi karyawan adalah mengenali dan memahami potensi diri anda. Bila anda memang merasa pantas untuk mendapatkan peningkatan karir yang lebih baik di tempat baru maka hal ini bisa menjadi motivasi yang sangat penting. Selain itu, kondisi seperti ini juga akan membuat anda semakin yakin terhadap tantangan yang akan dihadapi selama berada di tempat baru. Namun, cobalah untuk mengenali prospek yang ada di kantor tempat anda bekerja saat ini. Kondisi seperti ini juga menjadi alasan penting untuk mendapatkan dukungan moral.

  1. Menyelesaikan seluruh pekerjaan sebelum resign

Jangan lupa untuk menyelesaikan seluruh tugas dan tanggungjawab anda sebelum resign. Hal ini dilakukan untuk memudahkan anda dalam mendapatkan penilaian yang sangat baik. Selain itu, cara ini juga membuat anda belajar tentang profesionalitas dalam bekerja di sebuah perusahaan. Hindari kondisi meninggalkan permasalahan atau pekerjaan yang belum selesai. Justru itu akan menjadi penghambat karir anda di tempat baru.

  1. Sudah mendapatkan tempat baru sebelum resign

Hal yang paling penting sebelum anda mengajukan resign adalah sudah mendapatkan tempat baru untuk bekerja. Tentu saja ini harus dilakukan dengan perhitungan yang matang. Biasanya ini selalu berkaitan dengan posisi di perusahaan hingga gaji yang anda dapatkan. Ceritakan secara detail kepada perusahaan baru tentang posisi anda saat ini.

Anda sedang mencari lowongan kerja Jakarta? Yuk cari di JakartaKerja.com untuk membuat pencarian anda semakin mudah.

X
X