Tetap Semangat Bekerja Meskipun Berpuasa di Bulan Ramadhan

Berpuasa tidak lantas menurunkan semangat kerja. Cari tahu yuk bagaimana caranya menjaga stamina tetap semangat kerja di bulan Ramadhan.

590 33939 Semangat Puasa

Tetap Semangat Bekerja Meskipun Berpuasa – Bulan Ramadhan memang bulan istimewa bagi umat yang merayakannya. Nah, bekerja saat bulan Ramadhan merupakan hal yang sedikit berbeda karena kita harus berpuasa. Perbedaan yang mendasar yaitu jam makan berubah. Perubahaan pola makan ini berdampak pada tubuh kita. Siang hari kita lebih mudah merasakan kantuk dan lapar karena berpuasa. Hal ini mungkin mempengaruhi produktivitas dan semangat kerja saat berpuasa. Rasa lapar biasanya dapat kita atasi dengan makan atau minum di siang hari saat istirahat bekerja. Nah, berbeda jika saat berpuasa harus menunggu waktu berbuka.

Ada beberapa tips agar pekerjaan tetap berjalan lancar tanpa terganggu kantuk dan lapar yang menurunkan semangat kerjamu. Simak cara berikut ini bila Kamu sedang bekerja di saat puasa.

Tetap Semangat Bekerja Meskipun Berpuasa

  1. Lakukan peregangan untuk merelaksasi otot

Cobalah berjalan atau melakukan peregangan di tempat kerjamu sebentar saja untuk memberi otot relaksasi. Hal ini dapat membantu peredaran darah lebih lancar dan pasokan oksigen lebih optimal. Dampaknya akan menghindarkanmu dari rasa kantuk dan pegal. Rasa kantuk bisa menurunkan semangat kerja, jadi tetap bergerak agar badan tidak kaku dan mudah lelah, ya!

  1. Atur posisi duduk yang benar

Jika Kamu bekerja dengan duduk seharian di kantor membuat lelah, atur ulang posisi duduk yang tepat. Duduklah dengan tegak dan jangan membungkuk. Posisi ini membantumu lebih fokus dan melancarkan oksigen yang masuk ke dalam otak. Hasilnya, tubuh lebih stabil dalam memompa aliran darah dan membuat pikiranmu lebih segar. Tidak ada alasan lagi Kamu cepat mengantuk dan tidak semangat saat bekerja.

  1. Cuci muka ketika mulai mengantuk

Siang hari adalah waktu yang rawan mengantuk dan perut mulai meminta diisi. Biasanya meminum minuman dingin bisa membuat badan fresh lagi. Namun, hal itu tidak bisa dilakukan karena sedang berpuasa. Jadi, alternatifnya adalah cuci muka dengan air dingin agar lebih lebih segar. Rasa kantuk seketika akan berkurang saat air dingin menyentuh mukamu. Lebih baik lagi berwudhu sekaligus melakukan ibadah, dengan begitu semangatmu akan pulih kembali.

  1. Jaga kualitas tidur

Di malam hari waktu istirahat, cobalah untuk membatasi aktivitas yang menunda jam tidurmu. Seperti memainkan ponsel terus menerus sepanjang malam, menonton TV atau laptop berjam-jam. Hal tersebut dapat menggangu jam tidur malam dan membuatmu terjaga sepanjang malam. Akhirnya kebutuhan tidur tidak tercukupi selama 7-8 jam sehari. Nah, untuk itu perbaiki kualitas tidur dengan tidur dan bangun tepat waktu. Jika tidur malam nyenyak, keesokan hari dan siangnya tidak akan mudah mengantuk. Dengan begitu, semangat kerja tetap terjaga.

  1. Sahur dan berbuka sewajarnya

Kebugaran tubuh dapat dijaga dengan mengatur pola makan yang benar. Ketika puasa jam makan yang berubah bisa kamu siasati dengan porsi makan sewajarnya. Saat sahur, makanan berkabohidrat dan berserat dapat membantu menahan lapar lebih lama dibanding makanan berlemak. Ketika berbuka puasa, makanlah  secukupnya atau jangan berlebihan. Makanan yang tidak dicerna dengan baik nantinya akan mengganggu kerja tubuh juga, loh! Perut bermasalah membuat pekerjaan terganggu dan menurunkan semangatmu. Jadi, ingatlah untuk makan dan minum dengan porsi yang tepat.

Tidak susah, bukan? Itulah beberapa tips yang bisa menjaga semangat kerja meskipun sedang menjalankan ibadah puasa. Semoga dapat bermanfaat!

Cari info pekerjaan yang sesuai dengan kamu di JakartaKerja.com

X
X