Panduan Mudah dan Tips Mencari Kerja di Job Fair

Sebenarnya untuk mencari pekerjaan di acara Job Fair itu mudah, jika kamu mengetahui tips-tips berikut ini!

Tips Mencari Kerja Di Job Fair

Tips Mencari Kerja di Job Fair – Job fair memang menjadi kegiatan yang memang sangat populer bagi kalangan pencari kerja. Event ini sering diselenggarakan oleh banyak universitas ternama hingga perhimpunan para profesional. Kamu bisa memanfaatkan kegiatan ini untuk mendapatkan pekerjaan dengan sangat cepat. Apalagi metode dari job fair memang menjadi wadah tempat bertemunya perusahaan dengan para pencari kerja. Bahkan, sebagian dari perusahaan juga kerap melalukan interview di tempat. Namun, tetap saja ada beberapa pertimbangan yang harus kamu lakukan untuk memilih job fair yang kredibel. Jangan khawatir karena sebenarnya ada banyak tips mencari kerja di job fair yang bisa dicoba.

Tips Mencari Kerja Di Job Fair

Tips Mencari Kerja di Job Fair

Event seperti job fair harus kamu maksimalkan dengan sangat baik. Apalagi kesempatan seperti ini memang hanya dilakukan pada jangka waktu tertentu. Namun, kamu tetap harus mempertimbangkan kualitas dari job fair itu. Misalnya saja dengan mempertimbangkan daftar perusahaan yang ikut serta dari job fair itu. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan 5 tips mencari kerja di job fair yang terdiri dari:

  1. Pelajari seluruh perusahaan yang ada di job fair

Biasanya tips mencari kerja di job fair akan melibatkan daftar perusahaan yang ikut. Job fair dengan skala besar akan menyertakan banyak perusahaan. Biasanya semakin banyak perusahaan besar yang ikut serta dalam job fair itu akan memudahkan kamu untuk memilih. Ini akan menjadi keuntungan dan peluang yang sangat baik. Namun, kamu harus mempelajari masing-masing dari setiap perusahaan. Biasanya latar belakang dari perusahaan akan menjadi pertimbangan yang penting.

  1. Pilih posisi yang ditawarkan

Job fair juga berisi banyak penawaran posisi yang berbeda. Tentu saja ini harus kamu pertimbangkan mengingat posisi yang dibutuhkan harus sesuai dengan kemampuan dan bidang. Sebaiknya hindari pemilihan posisi yang kamu belum pahami dengan benar. Hal itu akan menjadi boomerang dan akan merugikan diri sendiri. Perhatikan dengan seksama seluruh persyaratan dan skill yang dibutuhkan dari posisi itu. Biasanya penjelasan itu akan disertakan pada papan pengumuman.

  1. Siapkan CV yang menarik dan kreatif

Biasanya tips mencari kerja di job fair seperti ini memberikan pengaruh yang sangat besar. Cobalah membuat CV yang menarik dan kreatif. Hal ini dilakukan untuk menarik perhatian dari HRD atau perekrut. Namun, desain dari CV itu juga sebaiknya tidak terlalu berlebihan. Kamu bisa menggunakan beberapa ide dari banyak inspirasi bentuk dan tampilan resume yang ada di internet.

  1. Kumpulkan seluruh dokumen pendukung

Jangan lupa untuk mengumpulkan seluruh dokumen pendukung yang memang disertakan dalam mengajukan lamaran. Dokumen ini biasanya terdiri dari fotocopy identitas, fotocopy surat kelulusan atau ijazah dan lainnya. Biasanya ini akan membantu kamu untuk mendapatkan wawancara langsung yang disediakan oleh perusahaan tertentu. Bahkan, beberapa perekrut juga akan mempertimbangkan kesiapan kamu untuk melamar pekerjaan dengan kelengkapan dari berkas dan dokumen yang dibutuhkan.

  1. Jangan lupa perhatikan tampilan secara keseluruh

Beberapa perusahaan besar yang sering mengikuti job fair sering mengadakan interview on the spot. Justru ini menjadi peluang yang besar bagi kamu untuk mendapatkan pekerjaan dengan cepat. Hal ini yang membuat kamu harus mempersiapkan diri dengan baik. Mulailah dengan memberikan tampilan yang baik dan rapi. Peluang ini akan menjadi penilaian tambahan bagi para perekrut tentang karakter pribadi kamu sendiri.

Baru mencari kerja di sekitar Jabodatebek? Yuk lihat lowongan kerja Jakarta dari JakartaKerja.com untuk mendapatkan pekerjaan dengan mudah.

X
X