Kiat-Kiat Mencari Kerja untuk Para Fresh Graduate

Hai Fresh Graduate, jangan patah semangat untuk mencari pekerjaa, banyak cara yang bisa kamu coba untuk mencari pekerjaan

Kiat Kiat Mencari Kerja Untuk Para Fresh Graduate

Mencari Kerja untuk Para Fresh Graduate – Ketika sudah lulus dari perkuliahan dan sukses mendapatkan gelar sarjana, para mantan mahasiswa ini tentu dipusingkan dengan hal baru lagi selain skripsi, yaitu mencari pekerjaan. Tanpa pengalaman kerja, para lulusan baru ini dituntut untuk segera mendapatkan pekerjaan sesuai bidang mereka. Hanya saja, mencari pekerjaan tidak semudah membalik telapak tangan terutama bagi fresh graduate yang belum berpengalaman sama sekali. Supaya kamu bisa lekas mendapat pekerjaan, mari ikuti beberapa tips mencari kerja untuk fresh graduate berikut ini.

Mencari Kerja untuk Para Fresh Graduate

  1. Buatlah CV dan surat lamaran dengan sebaik-baiknya

Curriculum vitae atau Daftar Riwayat Hidup adalah salah satu lampiran yang kerap menjadi prioritas utama seorang pelamar akan dipanggil atau tidak. Inilah mengapa, sebelum pergi melamar pekerjaan usahakan kamu telah membuat CV yang baik, benar dan menarik.

CV dibuat detail tapi tidak bertele-tele, juga harus informatif. Isi di dalamnya meliputi biodata dirimu, mulai dari nama, alamat, nomer telephon dan email. Kemudian lengkapi juga riwayat pendidikanmu dari SD sampai lulus kuliah. Jika pernah memenangkan suatu kompetisi dalam bidang yang bersangkutan, tidak ada salahnya untuk mencantumkannya juga. Atau, jika sebelumnya pernah memiliki pengalaman kerja di bidang apa pun, cantumkan. Jangan lupa, tulis keahlianmu secara lengkap.

  1. Kirim lamaran secara langsung maupun lewat e-mail sebanyak-banyaknya

Usai surat lamaran dan CV dibuat dengan baik, saatnya menyebarkan lamaran sebanyak-banyaknya ke berbagai tempat. Jangan hanya berpatok pada lowongan yang kantornya bisa didatangi secara langsung, cari juga pekerjaan yang dari tempat yang jauh, yang biasanya bisa mendaftar melalui e-mail. Dengan begitu peluang untuk diterima bekerja lebih besar. Terlebih sekarang ada sistem kerja remote, yang membuat Anda dapat bekerja di rumah.

  1. Asah keahlian selagi belum mendapat panggilan interview

Selagi menunggu panggilan wawancara, daripada menganggur saja di rumah, ada baiknya kamu mengasah keahlian tertentu. Misal, kamu melamar pekerjaan di bidang akuntansi, sebaiknya belajar banyak tentang akuntansi dan isu-isu terkait yang paling baru. Hal ini akan sangat berguna nanti ketika wawancara, karena pengetahuanmu menjadi luas tentang bidang yang kamu lamar. Kredibilitasmu di mata penguji pun bisa meningkat.

  1. Cari relasi sebanyak-banyaknya dengan ikut kegiatan

Selain meningkatkan keahlian, ada baiknya kamu juga tetap mengikuti banyak kegiatan diluar sana. Tujuannya supaya kamu mendapat banyak relasi dan kenalan. Siapa tahu, salah satu kenalan tersebut akan membawamu mendapat pekerjaan yang kamu inginkan. Jika tidak ada organisasi tertentu di wilayahmu, tidak ada salahnya mengikuti grup-grup mencari pekerjaan yang ada di sosial media.

  1. Latih sikap dan cara menjawab supaya diterima interview

Bukan hanya keahlian dan relasi yang terus diasah, melatih sikap ketika akan interview juga sangat penting. Biasanya, para HRD yang melakukan tes wawancara akan melihat seperti apa sikapmu ketika dihadapan mereka. Cara bicara, berjalan, dan bahkan menjawab pertanyaan akan sangat memengaruhi keberhasilanmu dalam interview. Bahkan, cara berpakaian pun tidak akan luput dari perhatian HRD ketika wawancara.

  1. Jangan putus asa

Paling penting bagi fresh graduate ketika mencari pekerjaan adalah jangan mudah menyerah. Fresh graduate memang sering dipandang sebelah mata karena minimnya pengalaman bekerja. Namun, jika dalam tes kamu bisa menunjukkan yang terbaik, perusahaan pun tidak akan pandang bulu untuk merekrutmu.

Demikian adalah beberapa cara mencari kerja untuk fresh graduate yang dapat kamu terapkan mulai dari sekarang. Jangan lupa berdoa supaya lamaranmu segera diterima.

Dapatkan infomasi terkait lowongan kerja di JakartaKerja

X
X